Peran robot kini mulai diperhitungkan. Pasalnya, robot-robot hadir untuk melengkapi pekerjaan, mulai dari robot pelayan, robot manufaktur, hingga robot humanoid yang wujudnya nyaris menyerupai manusia.

Dan terbaru, sebuah startup robotik asal Spanyol, Babyclon, menciptakan robot animatronik. Menariknya, robot ini memiliki fisik bayi manusia sungguhan. Mereka memamerkan robot bayi itu di sebuah pameran robot yang diadakan di Bilbao pada pekan lalu.

Dilansir Huffington Post, Rabu (21/6/2017), robot bayi tersebut tampak bernafas dan memiliki denyut jantung seperti manusia. Pemilik bisa menggendongnya dan dapat memberinya makan!

Secara fungsi, robot ini memang menyerupai bayi sungguhan yang harus dirawat. Jika tidak diberi makan atau tidak digendong, robot bayi akan menangis.

Uniknya, robot bayi tersebut memiliki kulit halus seperti bayi sungguhan. Babyclon mengungkap, kulit robot bayi terbuat dari material silikon premium, sehingga membuatnya menjadi elastis dan fleksibel. “Material ini menyerupai kulit manusia, tapi lebih tipis,” tulis Babyclon dalam keterangannya.

Babyclon menciptakan robot bayi dengan tujuan khusus. Pertama, robot bayi diciptakan untuk mahasiswa kedokteran yang mengambil stase kedokteran anak (pediatrik) dan ingin mempelajari anatomi tubuh bayi.

Kedua, robot bayi ini bisa digunakan oleh ibu hamil sebagai alat latihan untuk merawat calon anaknya. Tak cuma itu, robot bayi juga bisa menjadi teman penderita dementia alzheimer serta para ibu yang baru saja mengalami miscarriage (keguguran).