Boston Dynamics mengunggah video cuplikan robot humanoid mereka yang bisa melakukan box jump dan back flips. Laman New Scientist mengatakan ini adalah progres yang sangat signifikan dalam perkembangan teknologi robot. Hal ini bukanlah tanpa alasan, menurut New Scientist, membuat robo bipedal berjalan, menaiki tangga, dan menjaga keseimbangan bukan perkara mudah.

Tahun lalu, robot Atlas milik Boston Dynamics telah bisa mendaki gunung dengan cukup baik dan sekarang dia siap melakukan senam (gym). Ini menunjukkan beberapa hambatan dalam sensor geraknya sudah dapat teratasi dengan baik.

Waktu pengunggahan video ini juga menjadi sorotan. Pasalnya, Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) melakukan pertemuan akhir-akhir ini membahas tentang perkembangan robot pembunuh. Sehingga, tak heran banyak pihak yang membantu pengembangan Atlas dan menyerahkannya pada para pengembang robot handal.

“Saya bisa melakukannya tanpa maksud menyesatkan, (seperti) perusakan dunia di masa depan,” kata Darell Etherington di TechCrunch.

Robot humanoid berkaki dua ini mampu melakukan lompatan ke belakang yang mengesankan dan terlihat luwes. Maka tak heran, video ini menjadi viral di media sosial.

Atlas memiliki tinggi 150 cm dan berat 75 kg. Dalam video terlihat dia mampu mengordinasikan fungsi tubuh, lengan, dan kaki untuk mencapai manipulasi keseluruhan tubuh.

Dikutip dari media ABC, Atlas tidak seperti robot bipedal lainnya yang terlihat kaku dan bahkan kesulitan berjalan. Atlas mampu menjaga keseimbangan bersamaan dengan kekuatan yang tinggi-ke-rasio berat dan rentang sensor yang kompleks serta penglihatan stereo.

Ini artinya Atlas mencapai titik yang lebih kompleks dalam perkembangan robot. Menurut insinyur senior dari CSIRO Robotics Research Group, Ryan Steidi, tidak ada kriteria khusus aerobatik. Namun, standar yang diterapkan oleh Boston Dynamics menunjukkan, gaya aerobatik dasar lebih mudah dilakukan. “Ini hal yang biasa dalam robotika: mengatasi masalah yang sangat sulit dan (melakukan) tugas yang lebih mudah – seperti hanya berjalan-jalan di lingkungan sekitar – menjadi jauh lebih mudah,” ujarnya.

Dalam video berdurasi 0:54 detik ini ditunjukkan Atlat dapat melompat tiga kotak dengan ukuran yang berbeda. Dia mampu membalik tubuhnya dengan sangat luwes dan melakukan back flips atau lompatan belakang dengan sempurna. Atlas bahkan mengangkat kedua tangannya setelah berhasil melewati tantangan. Di sauran YouTube Boston Dynamics, video ini telah ditontong lebih dari 8 juta kali.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s