Eindhoven Univeristy of Technology, Belanda berhasil mengembangkan robot yang bisa bermain sepak bola yang boleh dikatakan sejauh ini benar-benar mampu menampilkan sebuah permainan sepak bola yang sangat cepat dan terukur.

Robot yang diberi nama Tech United tersebut memang tidak memiliki desain layaknya robot humanois yang selama ini ada. Dengan begitu robot tersebut bergerak lebih cepat menggunakan roda. Canggihnya lagi, setiap robot bisa berkomunikasi satu sama lain layaknya tim sepak bola sebenarnya. Bahkan komunikasi tersebut tidak dikendalikan oleh manusia dibaliknya, jadi pertandingan benar-benar mengikuti alur permainan robot di lapangan.

Robot ini memiliki sebuah kamera yang mampu melihat hingga jarak 6 meter ke segala arah. Pada bagin depan tubuhnya melekat kamera Kinect milik Xbox sehingga bisa menganalisa benda di depannya dalam bentuk 3D yakni melihat bola dan robot lawan di depannya.

Robot ini bisa berlari menghalangi lawan yang membawa bola, mengejar bola, dan menggiring serta menendangnya ke rekan satu tim atau ke arah gawang lawan. Ada dua jenis tendangan yang bisa dilakukan, passing dan tendangan jauh.

Berbekal koneksi Wi-Fi robot dalam satu tim bisa saling berkomunikasi mengatur alur permainan sepak bola tersebut. Hal ini memungkinkan lewat sebuah susunan perintah yang cukup kompleks yang dibuat oleh buatan Eindhoven Univeristy of Technology.

“Jadi ketika ada robot yang memiliki posisi terbuka untuk dari penjagaan robot lawan, maka dia akan meminta bola dari robot satu tim. Apabila posisinya kuang pas, robot tersebut akan bergerak mencari posisi lain dan robot satu tim akan mengoper bola tersebut ke robot lainnya. Semua dilakukan secara otonom,” tutur ahli robotik Eindhoven University of Technology, Wouter Kuijpers.

Menurut Kuijpers, hal penting dari robot ini adalah pengembangan ke depannya tidak akan hanya sebagai teknologi yang membantu dan melakukan perintah sederhana. Di masa depan, robot juga akan bisa berpikir secara otonom.

Robot ini sudah melakukan laga sepak bola sejak 2016 dan menjadi juara diajang pertandingan robot sepak bola tahunan RoboCup tahun lalu.

 

Satu respons untuk “Robot Sepakbola dari Belanda

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s