Kampoeng IT 3 UMI Pamer Robot


robotumi_20160524_191603

 

Dalam rangka merayakan Kampoeng IT 3 Fakultas Ilmu Komputer UMI mengundang komunitas Robotika Forest Makassar dan memamerkan sejumlah robot di booth forest yang disediakan oleh kampoeng IT UMI Selasa, (23/05/2016) di Pelataran Fakultas Ilmu Komputer UMI.
Macam-macam jenis robot yang diperkenalkan oleh Robotika Forest Makassar. Mulai dari jenis line follower bermanuver menggunakan sensor garis dilengkapi dengan lampu led yang berfungsi untuk mendeteksi perbedaan warna pada lintasan dan mendeteksi warna kontas antara hitam dan putih meskipun dengan warna lain tetapi harus menggunakan dua warna yang berbeda untuk dideteksi dan dikendalikan oleh processor sebagai micro controller. Penjelasan dari Alhabsyi salah satu anggota komunitas robotika forest.
“Selain itu, komunitas robotika forest menampilkan robot wall follower dengan menggunakan sensor ultrasonik dengan mendeteksi benda padat yang ada di depannya dengan berfungsi sebagai sensor jarak dengan prinsip kerja mirip dengan suara kelelawar mendeteksi penda padat yang ada di depannya,” kata Alhabsyi Selaku Anggota Komunitas Robotika Forest Makassar.
Tak kalah menarik komunitas robot juga menampilkan robot versi line follower yang dilengkapi fitur pemadam api dan robot jenis berbentuk tank ini berfungsi untuk memadamkan api dan terakhir robot ini di konteskan pada tahun 2014 di STMIK Handayani Makassar lomba line follower pemadam api tingkat nasional.
Kampoeng It UMI tak hanya menampilkan booth robot dan banyak booth-booth menarik seperti Komunitas anak merdeka UPPM UMI menampilkan karya foto jurnalistik dan buku, Komunitas Fotografi Diagfragma UMI, Komunitas Doodle Art, Komunitas Drone Celebes Makassar, dan Komunitas Vectorina Makassar.
Kampoeng IT UMI Juga menampilkan Berbagai event seperti seminar IT nasional, Lomba desain, Penampilan Akustik Mahasiswa, lomba programming dan event Aksi Kreatifitas mahasiswa 1000 Siluet dan Kampoeng IT UMI Berlangsung selama 3 Hari dan di hari kedua ini berjalan dengan lancar.

 

Sumber :

http://makassar.tribunnews.com/2016/05/24/kampoeng-it-3-umi-pamerkan-robot-pemadam-api