Robot Permen Karet untuk Menambal Luka Dalam Perut


robot-permen-karet-untuk-menambal-luka-dalam-perut-eu9

 

Sekelompok ilmuwan dari Massachusetts Institute of Technology (MIT) baru ini berhasil membuat sebuah robot canggih. Tidak seperti robot pada umumnya, sekelompok ilmuwan ini justru membuat robot berbentuk daging.

Dimana fungsi robot ini dirancang untuk bisa membawa objek yang terlanjur tertelan di dalam perut. Selain itu, robot seukuran permen ini juga mampu menambal luka di dalam perut, membantu proses penyaluran obat.

Cara mengoperasikan robot ini juga sangat unik, kita hanya perlu mengunyahnya selayaknya permen karet. Setelah itu robot tersebut akan masuk ke dalam perut manusia dan bekerja dengan menggunakan magnet.

“Menarik melihat bagaimana cara robot kecil ini bekerja dan kedepannya robot ini tentu dapat mengerjakan beberapa tugas penting yang dapat berdampak besar terhadap perkembangan teknologi kesehatan,” ujar Daniela Rus, pimpinan proyek dan direktur laboratorium ilmu komputer dan kecerdasan buatan MIT, dilansir dari Ars Technica, Rabu (18/5/2016).

Robot ini terbuat dari dua lapisan material Biolefin biodegradable dan usus babi yang dikeringkan. Cara kerja robot tersebut bisa melipat diri adalah ketika lapisan Biolefin memanas saat memasuki leher dan terbawa ke dalam perut.

Dalam membuktikannya, para ilmuwan menjajal robot besutannya ke dalam replika perut dan meletakkannya di cairan air lemon agar dapat menyerupai seperti cairan asam lambung. Terbukti, robot mungil ini mampu melipat diri dan membawa objek baterai keluar dari isi perut.

 

Sumber :

http://autotekno.sindonews.com/read/1109476/124/robot-permen-karet-untuk-menambal-luka-dalam-perut-1463555047