Misi SAR dikerjakan Robot buatan ITB


Badan Keamanan Laut membeli 10 unit robot bawah air buatan Institut Teknologi Bandung (Mei 2015).

Robot seharga Rp 1,7 miliar ini mampu menyelam sampai kedalaman 100 meter dan dilengkapi kamera yang bisa menampilkan video langsung dari bawah air ke komputer operator.
Robot bernama UAV Ganesha ini memiliki ukuran panjang 50 sentimeter (cm), lebar 30 cm dan tinggi 50 cm. Robot ini dilengkapi dua kamera yang terletak di depan dan belakang tubuh robot. Kamera yang digunakan cukup canggih, karena bisa menampilkan gambar yang cukup jelas di bawah air keruh sekalipun.

Ada dua petugas yang mengendalikan robot ini. Mereka menggunakan sistem kabel serat optik yang mengalirkan sumber tenaga berupa listrik dan mengirimkan video bawah air langsung ke komputer operator di permukaan.

Rencananya,  10 robot bawah air akan disebar ke beberapa pangkalan Bakamla di seluruh Indonesia. Pangkalan Bakamla di Batam, Bitung, Ambon akan menerima masing-masing satu unit robot.

Sementara KN Singa Laut, KN Bintang Laut, dan KN Kuda Laut, dan pasukan reaksi cepat Bakamla masing-masing akan menerima dua robot bawah air.