Robot ini adalah Juri Kecantikkan


Youth Laboratories menggelar sebuah kontes kecantikan ROBOT, berhasil mengumpulkan US$ 12.000 untuk aplikasi perangkat lunak pertama mereka dan menandatangani sejumlah kontrak komersial dengan perusahaan-perusahaan medis dari Eropa dan AS. Muscovite Alexei Shevtsov adalah pendiri Youth Laboratories (YL). Misi YL adalah memerangi penuaan manusia. 

Pada November 2015, Youth Laboratories menggelar kontes kecantikan pertama mereka, Beauty.AI (Beauty Artificial Intelligence), dengan robot-robot pintar sebagai jurinya. Robot ini mampu menganalis gambar kulit digital untuk mengidentifikasi penanda biologis penuaan, serta melakukan analisis umum mengenai kesehatan manusia.

Para peserta mengirimkan foto selfie dan informasi singkat mengenai diri mereka — usia, jenis kelamin, tinggi, dan data biometris lainnya — ke aplikasi mobile Beauty.AI untuk iOS dan Android.

 

Penentuan wajah tercantik secara terpisah dilakukan oleh tiga robot :

  1. Algoritma RYNKL memperkirakan sejumlah kerutan di wajah peserta dalam kelompok usia mereka.
  2. MADIS (Model Alliance Digital Intelligence Scout) membandingkan kesamaan fitur seseorang dengan aktor dan para model ternama.
  3. Evaluasi simetri menentukan struktur wajah (karena wajah manusia bersifat asimetris).

 

Di akhir kontes, algoritma tersebut memilih sepuluh pria dan wanita yang menang di lima kategori usia. Mereka mendapat hadiah dari para sponsor dan bisa menyebut diri mereka sebagai orang-orang tercantik dan tertampan dalam sejarah kecerdasan buatan.

Di masa mendatang, tim YL berencana mengajarkan komputer menentukan kesehatan seseorang dari wajahnya. Sebagai contoh, lingkaran hitam di bawah mata mengindikasikan masalah ginjal, pigmentasi tak wajar merupakan gejala kanker kulit, bibir pucat dan tak berpingmen merupakan tanda-tanda anemia.

Di area ini, perusahaan sudah mulai bernegosiasi dengan jaringan besar klinik swasta di Moskow.