Robot Starwars R2D2, berkunjung ke Indonesia


Ruang Grand Ballroom Hotel Pullman Central Park Jakarta dipenuhi tamu undangan pameran produk-produk terbaru sebuah perusahan teknologi asal Jepang, Aqua. Tepat pukul 11.00 WIB, lampu ruangan dimatikan. Tiba-tiba, muncul lagu thema khas film Star Wars yang diikuti munculnya robot ikonik berbentuk silinder pendek beroda tiga ,R2D2, yang bisa bergerak dan bersuara persis seperti di film.

“Suaranya bisa dimatikan, jika anda sudah mulai terganggu dengan kebawelannya,” ujar CEO Aqua Japan untuk wilayah Jepang dan ASEAN Yoshiaki Ito, Kamis, 19 November 2015 lalu. Dengan sebuah kontrol remote digenggamannya, Ito mengarahkan robot itu ke arah tembok belakang panggung. Dengan segera, R2D2 memancarkan cahaya layaknya proyektor.

“Anda juga bisa memutar video atau lagu dari ponsel pintar anda,” kata Ito. Tak lama, sang pencipta mengembalikan posisi R2D2 mengarah ke pengunjung sambil membuka perutnya untuk mengambil sebuah minuman kaleng dingin. Sontak aksi robot tersebut mendapat tepukan tangan para hadirin terhadap pertunjukan robot tersebut yang tidak lain merupakan sebuah kulkas.

Banyak hal yang melatarbelakangi Ito sedikit nyeleneh mengenalkan produknya. Kepada Tempo, Ito mengaku seorang fans berat film perang antar planet karya George Lucas itu sejak lama. Tentunya, dengan menjabat posisi tinggi di perusahaan berteknologi tinggi, niatan tersebut takkan mendapat rintangan yang berarti.

“Saya jamin R2D2 saya sangat mirip hingga detil-detilnya, karena saya awasi langsung pembuatannya,” kata dia. Pun, Ito menjamin konsumen takkan bermasalah terhadap hak paten Star Wars. Musababnya, Ito merupakan bekas bos Sony Picture untuk wilayah Asia yang bahkan mendapat undangan pemutaran perdana film Star Wars yang terbaru pada bulan Desember di Hollywood.

Sayangnya, para peminat R2D2 di tanah air harus bersabar untuk bisa memilikinya. Meskipun, Indonesia menjadi negara kedua yang dipamerkan produk ini, Ito sedang berfokus untuk produksi di Jepang terlebih dahulu. Selain itu, pihaknya juga belum mematok harga jual robot yang diisi dengan battere berdurasi 4-5 jam ini.

Menurutnya, bisa saja pihaknya segera mengimpor R2D2 dari Jepang sesegera mungkin. “Semakin banyak banyak yang menyampaikan minatnya langsung kepada saya, akan semakin cepat,” imbuhnya. Selain R2D2, Ito juga membuat kulkas mini berkapasitas satu buah minuman kaleng berbentuk topeng karakter Star Wars lain seperti Darth Vader dan 3CPO dengan skala 1:1.

Executive GM Marketing Aqua Japan, Fajar Surya membocorkan harga R2D2 untuk pasar Jepang ada di kisaran US$ 10 ribu atau Rp 138 juta. Saat ini, ujar Fajar, pihaknya sedang berdiskusi untuk menetapkan harga produk-produknya yang memang menyasar kalangan atas tanah air. Faktor efisien penggunaan listrik juga masih terus ditingkatkan.

Pada tahun 2016, Fajar mengatakan produk-produk high end seperti kulkas dua pintu dengan fitur internet yang memiliki panel layar berkualitas tinggi (HD) sebagai pintu depannya akan segera diluncurkan. “Sedang kami persiapkan, toh kami juga punya produk level menengah ke bawah dengan merk aqua yang sudah ada di pasaran saat ini,” katanya.

 

sumber : http://tekno.tempo.co/read/news/2015/11/21/097720920/fans-star-wars-pria-ini-bisa-buatkan-robot-r2d2-untuk-anda