Apa Anda pernah berpikir bahwa sebuah robot bisa diciptakan hanya untuk menyediakan sebuah salad? Sally, merupakan salad vending mesin yang bisa membantu Anda menyiapkan salad. Robot ini sendiri diciptakan untuk membantu salah satu restoran terbesar yang ada di Silicon Valley, karena mereka kekurangan pekerja di bagian dapur.

Sally pertama kali diciptakan dari Chowbotics, startup pengembangan robot yakni Redwood City, yang menjadi industri dalam pelayanan makanan. CEO dan Founder Deepak Sekar menghabiskan waktu selama dua tahun untuk menciptakan Sally dengan bantuan Apple.

“Saya selalu berpikir bahwa memasak membutuhkan 20% bekerja kreatif dan 80% bekerja untuk memotong,” ungkap Sekar seperti dinukil dari laman CNN, Rabu (26/4/2017).

Ukuran Sally lebih besar dari mesin ATM dengan dikelilingi oleh kaca, sehingga Anda bisa melihat makanan yang ada di dalamnya. Selain itu, Anda juga bisa memiliki resep salad atau menyesuaikan resep sendiri menggunakan layar sentuh. Di dalamnya terdapat 21 tabung dingin sekira 34 derajat.

Sekar berimajinasi, jika mesin ini bisa ditaruh di berbagai tempat seperti kafetaria, bandara, sampai sekolah, di mana tempat-tempat tersebut nantinya bisa menghabiskan makanan yang sehat dan mengubah kebiasaan dari makanan kemasan.

Harga yang perlu Anda keluarkan untuk memiliki mesin ini yakni sebesar USD30.000. “Ini merupakan karyawan terbaik, karena mesin ini tidak tidur, berjalan-jalan, maupun sakit,” jelasnya.

Sally menjadi bagian dari tren otomatis yang akan hits di industri makanan. Namun robot ini tetap membutuhkan manusia. Karena mesin ini perlu untuk dibersihkan dan diisi ulang kembali setidaknya dua kali sehari.