Di zaman serba teknologi seperti sekarang ini, sepertinya hampir berbagai hal bisa atau akan bisa dilakukan oleh robot, bahkan untuk kegiatan olahraga seperti Sumo misalnya.

Ya, olahraga asli Jepang yang sudah dipertandingkan sejak berabad-abad lalu itu saat ini bukan hanya bisa dilakukan oleh orang-orang dengan badan yang besar saja, tapi juga bisa dilakukan oleh robot.

Pertandingan Sumo antar robot di Jepang digagas oleh para pelaku di industri robot. Robot-robot Sumo tersebut diprogram untuk bisa melakukan dua tugas yang cukup berat jika dilakukan oleh manusia yakni cepat mengambil keputusan dan juga cepat dalam bertindak.

Seperti yang bisa dilihat dalam video di bawah, nampak robot-robot bertarung satu sama lain sampai salah satu robot telah keluar dari ring pertandingan. Robot Sumo ini sudah ditanam program yang “memaksa” lawan mereka keluar dari ring pertarungan, mirip seperti pertarungan sumo biasanya.

Tapi ada hal yang berbeda dari pertandingan Sumo antar manusia. Pertandingan Sumo antar robot ini tidak mengenal ampun dan langsung bergerak cepat untuk melawan musuhnya hingga keluar dari wilayah pertempuran.

Terdapat dua jenis robot sumo yang dipertarungkan, yakni robot yang benar-benar otomatis atau biasa disebut dengan autonomous dan juga robot sumo yang dikontrol dari jarak jauh yang biasanya terdapat antena di bagian robot tersebut.

Menurut seorang developer spesialis virtual reality asal Kanada, Robert McGregor yang telah mengumpulkan dan menggabungkan video pertarungan Sumo antar robot dalam enam tahun terakhir mengatakan jika robot otonom lebih unggul karena memiliki kekuatan dalam pemrosesan dan juga kecepatan dalam bertindak.

Ia bahkan mengklaim jika robot autonomous itu lebih cepat dalam bereaksi dibandingkan dengan robot yang dikontrol oleh seseorang yang terampil sekalipun.

“Masa depan itu adalah autonomous,” katanya seperti dikutip dari Mashable, Sabtu (24/06/2017).

Wah, jika olahraga sumo saja sudah bisa dilakukan oleh robot, akankah beberapa cabang olahraga lainnya juga bisa dilakukan oleh robot? Kemungkinan itu pasti ada, hanya tinggal menunggu waktu saja.

 

 

sumber :

https://telset.id/172561/canggih-sekarang-ada-tanding-sumo-antar-robot/