Sebuah perusahaan China, WL Intelligent Tech, belum lama ini berhasil membuat train spektakuler yang diikuti oleh 1.069 robot yang menari secara dinamis.  

Robot yang dijuluki Dobi merupakan buatan WL Intelligent Tech. Layaknya penari sungguhan, Dobi dapat berjalan, berbicara, dan memiliki keistimewaan yakni bisa melakukan seni bela diri Tai Chi.

Untuk menciptakan harmonisasi tarian, tim WL Tech mengaku perlu mengorganisir gerakan tari melalui satu sistem kontrol berkelompok.

Atas aksinya itu, WL Intelligent Tech tercatat sebagai pemegang rekor dunia untuk tarian robot terbanyak dari Guiness World Records.

Meski diakui beberapa robot tampak terjungkal, pejabat Guiness World of Records mengapresiasi usaha WL Tech untuk mendapatkan rekor tersebut.  Tercatat ada 31 robot yang terjungkal dari 1.100 robot yang disusun rapi di Guangzhou pekan lalu. 

Dobi sendiri adalah robot humanoid yang diproduksi untuk pasar China. Robot pintar ini bisa dikontrol dengan suara dan memiliki 17 sendi dilego senilai US$250 atau setara Rp 3 jutaan per unit.

Robot pintar ini mampu bertahan hidup selama 40 menit. Ketika baterainya habis, matanya akan berubah merah dari biru.

Selain memiliki kemampuan menari dan bela diri, pengguna juga bisa memintanya untuk bercerita dalam Bahasa Mandarin. Yang paling lucu adalah aksinya ketika sedang dalam mode yoga.  

Sementara itu, Digital Trends melaporkan bahwa tarian robot kini sedang tren di China. Rekor yang sama dipecahkan oleh perusahaan lain di Negeri Tirai Bambu tersebut. Ever Win Company, pemecah rekor sebelumnya, membuat 1.007 robot menari.

Ever Win Company memiliki robot bernama QRC-2 yang tingginya 43,8 cm untuk menari pada Agustus 2016. Robot-robot tersebut menari bersamaan selama 60 detik di Qingdao Beer Festival di Shandong, China.