Pasca pandemi COVID-19, dunia kembali bersiap menghadapi New Normal. Di Belanda misalnya, sebuah restoran di sana kini mempekerjakan robot.

Adalah Dadawan Restaurant di Maastricht, Belanda, yang hadir dengan inovasi tersebut. Robot dihadirkan untuk membantu pelayanan restoran pasca lockdown seperti diberitakan Reuters.

Bukan hanya satu, pemilik Dadawan Restaurant mempekerjakan tiga robot sekaligus. Namanya adalah Amy, Aker dan James. Tugas utamanya adalah mengantarkan minuman di restoran berkonsep Asia itu.

Secara teknis, ketiga pelayan robot baru itu tampak seperti di film fiksi ilmiah. Masing-masing membawa nampan untuk membawa minuman. Senyum pun tersungging di layar monitor di wajah mereka.

Oleh perwakilan restoran, Paul Seijben, kehadiran ketiga pelayan robot tak serta merta menggeser posisi karyawan manusia. Malah, ketiganya memberi warna berbeda dan cukup disukai staff.

“Tim kami malah begitu senang dengan robot-robot itu,” ujar Seijben.

Dalam pelayanannya, para staff yang menggunakan masker akan bertugas untuk menaruh minuman di atas nampan para robot. Setelah itu, robot akan ditugaskan mengantar minuman ke meja sesuai nomornya.

Setelah semua setting teknis usai, robot pun akan meluncur langsung ke meja tamu untuk mengantar minuman dan kembali setelahnya. Tugasnya begitu sederhana, tapi cukup menghibur dan menarik di era New Normal.

Sebenarnya, inovasi seperti di atas bukan yang pertama. Sebelumnya, telah ada sejumlah rumah makan di China yang menerapkan konsep pelayanan dengan robot tersebut.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s