Penanganan Covid-19 di Provinsi Jawa Timur mendapat bantuan satu robot dari pemerintah pusat. Robot Autonomous UV-C Mobile Robot (AUMR) ini akan membantu sterilisasi atau disinfeksi ruang isolasi dari virus dan patogen termasuk virus corona. 

“Robot ini adalah sumbangan dari hasil kerja sama Kepala Staf Presiden dan Yayasan Telkom,” ujar Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Pusat, Doni Monardo, di Gedung Negara Grahadi di Surabaya, Selasa siang, 2 Juni 2020.

Robot disebutkan sebagian besar atau 75 persen komponennya lokal. Robot itu menggunakan sinar ultraviolet tipe C (UV-C) untuk menjalankan perannya sebagai sterilisator. Setiap unit memiliki enam lampu UV-C.

“Saya juga mendengar ada laboratorium di Surabaya yang terkontaminasi virus. Nantinya diharapkan robot ini bisa membantu,” ucap Doni yang juga Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) tersebut.

Di tempat sama, operator AUMR, Tama, mengatakan bahwa kendali robot tersebut melalui jarak jauh menggunakan telepon seluler. “Robot ini seperti pengganti cairan disinfektan. Jadi, membunuh virusnya melalui sinar ultraviolet,” katanya menerangkan.

Di Indonesia, kata dia, saat ini ada empat unit Robot AUMR yang dioperasikan. Keempatnya tersebar di Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet, Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung, Rumah Sakit Pindad Bandung dan satu lagi untuk rumah sakit di Surabaya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s